web 2.0

2/04/2012

This Is jakarta

Sabtu pagi 4 Februari di Ketjil Kitchen, well let be honest jam 11 sudah masuk siang siy tapi yang namanya sabtu bahkan jam 2 siang ada aja yang judulnya baru bangun. (iyaaa kan? :p) anyway, sembari menunggu kedatangan 2 orang kawan. Ada beberapa hal yang rasanya gatel banget mau diketik dan ngupdate blog yang terbengkalai...

Gw lagi teringat dengan obrolan dunia maya yang berawal dari sebuah kicauan...

"This is the worst town in the world" kurang lebih itu adalah bunyi tweet (seorang teman)*1 yang aslinya siy dari kota pahlawan dan sudah 2 tahun terakhir ini dinas di Ibu Kota. Baca tweet itu, sebagai seorang warga asli ibukota walaupun bukan suku asli refleks nanya does this town really that ugly?

As for my defense, gw bilang "kalau 2 jam perjalanan wajarlah... namanya juga jumat, awal bulan, lagi banyak sale + hujan" and then she said... "kalau 2 jam pas jam pulang kantor atau pagi siy wajar... lah ini kan gw pulang setengah 10 malam masa iya masih kena macet" (dari sini gw mendapat gambaran bahwa ini anak sebetulnya jarang pulang telat pas hari jumat) dan obrolan pun dilanjutkan dengan "udah deh bay, gak usah dibelain... emang gak normal ini kota!" well berhubung jiwa cancerian gw cukup kental dan tidak suka melakukan konfrontasi gw pun jawab "iya kali ya... ini kota gak normal... untungnya gw abnormal jadi cocok2 aja... J)

But to be honest guys... perjalanan dari kantor menuju rumah yang memakan waktu 2 jam itu sungguh tidak sehat bukan? Kalau di kota lain 2 jam bisa jadi sudah sukses muterin itu kota nah kalau jakarta... ya begitu itu... baru sukses menempuh perjalanan dari kantor menuju rumah. Bisa jadi bahkan ada yang lebih lama lagi. Now what the catch then? I do think that this kinda traffic was actually become a reason for something to grow.... kamsudnya apa niy bay? Jadi begini... gw berasumsi bahwa macet inilah yang justru mengembangkan hal-hal yang berbeda di jakarta dibandingkan dengan kota-kota lain di bumi indonesia ini.

Berikut ini beberapa hasil pemikiran yang muncul sambil menikmati alunan swing dan minum jus melon... *gak nyambung memang tapi biarin aja... judulnya lagi mau hidup sehat

  1. TMCPOLDAMETRO :

    Kalau jakarta gak macet, mungkinkah diperlukan adanya TMC POLDA METRO dengan peralatan canggih dan kamera di penjuru ibukota dan briptu-briptu yang sangat menarik mata #salahfokus. Gak perlu kan pastinya... kalau lalu lintas lancar-lancar saja buat apa juga (inovasi muncul ketika ada kebutuhan yang mendesak)


     

  2. Penyiar Radio Ternama:

    Tidak merujuk pada tokoh penyiar tertentu tapi lebih kepemikiran bahwa, jam-jam terpadat lalu lintas ibu kota adalah pada jam berangkat dan pulang kantor. Dan hal apakah yang biasanya dilakukan didalam kendaraan? Salah satunya adalah mendengarkan radio. Kalau ingat sekitar medio tahun 2000an ada putuuss-nya Prambors, GMHRnya Hardrocks atau Your Morning Coffeenya Female dan masih banyak acara hebat lainnya. Mereka menjadi dikenal karena banyak yang dengar dan merasa dekat dengan penyiar2 tersebut karena mereka mendengarkan radio untuk periode yang cukup signifikan. Bayangkan kalau hanya 15 menit sudah sampai lokasi. Bagaimana bisa akrabnya itu penyiar kalau baru 2 kali naik plus 3/4 lagu sudah terputus proses didengarnya. (keintiman itu perlu proses, kalau instan judulnya Mie atau kopi)


     

    (break dikit siapa tahu bisa buat masuk nguping jakarta...

    pelayan 1 : gw suka banget ini lagu2 lama. (sambil mendendangkan lagu antara anyer dan jakarta)

    pelayan 2: iya, gw juga apalagi lagu2 freddy mercury.

    pelayan 1: iya gw juga suka tuh, eh tapi freddy mercury udah mati ya?

    Pelayan 2: udah... kayanya siy udah mati

    (Didengar oleh seorang pengunjung kafe yang penasaran nyasar kemana lagi arah pembicaraan tentang musik tersebut?)


     

  3. Lakunya Gadget-gadget canggih :

    Pada dasarnya manusia itu gak bisa diem. Ketika ditengah kemacetan maka kita akan iseng2 nyari kegiatan. Mungkin ada beberapa yang langsung berinisiatif beristirahat dan memejamkan mata. Tapi ada juga yang justru membunuh waktunya dengan mengulik gadget mereka. Baik itu smartphones, tablet, dll. Sebagaimana industri mobil dari negeri sebelah yang semakin berkembang karena rakyatnya terus menggunakannya dan semakin banyak masukan maka perbaikan dan pengembangan terus dilakukan. Begitu pula dengan gadget2 ini... semakin macet dan semakin mudah bosannya kita dijalan maka akan inovasi akan terus dilakukan agar gadget-gadget tersebut semakin membuat kita terpaku. (saat kita berhenti bergerak... kita mati)


     

  4. Car Free Day n Bike to Work :

    Ketika setiap harinya orang merasa bahwa kemacetan yang dialami ini butuh penyeimbang maka salah satu alternatif yang ada adalah mencari pelarian yang tidak melibatkan adanya penggunaan kendaraan bermotor dan sedapat mungkin juga membawa dampak baik bagi kesehatan. Selain di Jakarta, kota mana lagi yang bisa menyediakan jalanan paling panjang untuk wilayah Car Free Day selain jakarta. (mungkin saat ini di otak anda muncul suatu jalan yang gak kalah panjang dibanding sudirman dan thamrin.... tapi harap diingat, apakah jalan yang anda pikirkan itu juga sepadat dan sehectic sudirman-thamrin?) selain car free day yang turut berkembang karena kemacetan adalah para bikers. Jujur paling salut sama para bikers ini, ada yang rumah ke kantor berjarak lebih dari 20 km tapi tetap dihajar naik sepeda. All because of the needs for something greener and healthier. Come to think of it. Yang namanya hijrah pasti dari suatu hal menuju yang lebih baik kan ya... so if it's good for them who knows it might also be good for you.

Eniwei, balik ke obrolan dunia maya, setelah gw akui bahwa mungkin gwnya yang abnormal karena merasa fine2 saja dengan kondisi jakarta ini. Sang teman ini pun mengakui bahwa dikota ini kita harus adaptif untuk dapat bertahan. Dan entah kenapa ketika baca ketikan whatsup tersebut otak gw teringat scene ucapan Leonidas di film 300 dengan teks yang sedikit berubah. THIS IS JAKARTA!! *sambil nendang mereka yang gak bisa bertahan J

----------------------------------------------------------------------------------


 

  1. Berhubung belum izin ke yang punya user account jadi belum dicantumin dulu ya. Karena takut entar kalau dicantumin & orangnya ngamuk... buahaya... Uma Thurman di Kill Bill lewat...

0 comments:

Poskan Komentar