web 2.0

6/18/2012

I Won't Stop Trying

Katanya siy setiap perjalanan adalah pelajaran, Alhamdulillah sekali hari ini gw kembali diberi kesempatan belajar dari perjalanan dinas gw. Hari ini dimulai lebih pagi dari biasanya bagi gw (dan juga mama yang menyempatkan diri bangun lebih pagi untuk ngebangunin gw) jam 3 pagi, alarm dari berbagai handphone yang ada di rumah berbunyi demi untuk gw mengejar penerbangan pertama ke banjarmasin.

berangkat menggunakan maskapai singa dengan alasan yang sangat cemen... (gw mau lihat pramugari yang muda-muda di pagi hari :D ) duduklah gw di kursi yang bersebelahan dengan seorang ibu berusia mungkin sekitar 40 thnan bersama anaknya yang kalau diperhatikan mungkin baru sekitar 10 thn. Sebagai gambaran bagi kawan sekalian, ibu ini tipikal ibu2 pengajian dimana anaknya memanggil beliau "Emak" dan duduk dikursi dengan menaikkan satu kakinya keatas kursi bagaikan di rumah. sementara si anak nampak sangat aktif terlihat dari tidak maunya duduk di kursi, memainkan tutup jendela dan menjilat-jilat tatakan tempat makan dan jendela. (ini serius dan tidak dibuat-buat... swear to God)

menjelang take off, seorang pramugari menghampiri kursi kami dan meminta kepada si adik kecil untuk membuka tutup jendela dan menaikkan tempat alas makan. sang ibu pun segera melakukan permintaan pramugari sementara si anak terlihat sedikit keberatan. pramugari pun berlalu dan tangan lincah si anak kembali membuka alas makan, sang ibu pun mencegah dengan menutup kembali menyertakan dengan kalimat "jangan bandel". kurang lebih dialog antara mereka seperti ini :

ibu    : jangan bandel
anak : *diam dan mencoba memainkan tutup jendela
ibu    : *kembali membuka tutup jendela "udah duduk jangan bandel!"
anak : kenapa gak boleh siy mak?
ibu    : karena itu peraturannya
anak : ya tapi kenapa gak boleh mak? *tangan kembali membuka alas tempat makan
ibu    : ya gak boleh karena peraturannya begitu *sambil memukul pelan si anak
anak : *membalas dengan pukulan yang lebih kencang dan memasang tampang ngajak berantem
ibu    : *memukul dengan keras "Diem Kamu... Bikin MALU emak aja tau gak!"
anak : *menurut untuk sementara karena pesawat lepas landas

DHUER! sepenggal kata "Bikin Malu" itu menyambar gw... jadi sebetulnya si Ibu ini bermasalah dengan kenakalan anaknya ataukah dengan rasa malu yang dirasakannya karena tingkah kelakuan anaknya? berpikir lebih jauh... mama pernah merasakan hal yang sama gak ya? Syukur Alhamdulillah sampai dengan umur saat ini, gak ada dalam ingatan gw kondisi dimana mama pernah memukul atau mencubit gw dengan keras. tapi, apa iya gak ada tindakan dan tingkah laku kenakalan gw yang potensial buat "bikin malu" buat mama... kayanya siy BANYAK yang potensial bikin malu, tapi ya sudahlah... yang lalu biarlah berlalu, sekarang yang penting bagaimana caranya tindakan dan perbuatan gw bisa "Bikin Bangga" mama, karena sehebat apapun kita berusaha... apa mungkin seorang anak dapat balas jasa orang tuanya? mungkin bisa, tapi sulit... yang lebih mungkin pasti hanya membuat orang tua kita bahagia dan membuat mereka bangga investasi terbesar mereka dalam hidup Finally Pay Off

kembali ke pasangan ibu-anak disamping gw... well, apa peduli gw... yang gw tahu sekarang siy, daripada concern ke "Bikin Malu" lebih baik concern ke bagaimana caranya "Bikin Bangga" orang tua. Gw tahu gw masih jauh dari setidaknya break event point investasi mereka. but that won't make me stop trying!

*dan entah kenapa gw jadiin hubungan orang tua-anak semacam permainan saham

0 comments:

Posting Komentar